Wapres Kunker ke Unija Sumenep, Rektor Beberkan Segudang Prestasi Kampus Cemara

  • Whatsapp
Wapres Kunker ke Unija Sumenep, Rektor Beberkan Segudang Prestasi Kampus Cemara. (foto/ist)

Sumenep, dialektika.news – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep yang familiar dengan sebutan Kampus Cemara (Pencetak Cendikiawan Madura), Rabu (9/8/2023).

Di Unija, Wapres K.H. Ma’ruf Amin dengan didampingi rombongan terbatas. Ikut mendampingi juga Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo. Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam kesempatan ini memberikan Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep ke-37 tahun.

Bacaan Lainnya

Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep Dr. Sjaifurrachman, S.H., CN., M.H, mengaku berbangga hati seraya mengucapkan selamat datang untuk Wakil Presiden Republik Indonesia beserta rombongan di Kampus Cemara (Pencetak Cendikiawan Madura).

“Ke depan Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep bukan Pencetak Cendikiawan Madura tetapi Pencetak Cendikiawan Secara Global Sesuai Motto Kami ‘Be Global Enterpreneur With Nationality Character,” ungkap Rektor Sjaifurrachman dalam sambutannya.

Baginya, kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia beserta rombongan merupakan kebanggaan bagi Universitas Wiraraja Sumenep yang pada hari ini telah memasuki usia yang ke-37 tahun di Dies Natalis tahun 2023 ini.

“Di usia ke-37 tahun ini, Universitas Wiraraja telah berhasil meraih beberapa prestasi yang patut kita banggakan bersama. Saat ini Universitas Wiraraja telah menempati peringkat 156 Perguruan Tinggi Nasional dari 2136 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia,” terangnya.

Rektor Sjaifurrachman menerangkan, di tingkat Jawa Timur, Universitas Wiraraja menduduki Peringkat 28 berdasarkan Penilaian Prestasi LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur serta merupakan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Madura.

“Prestasi ini juga diperkuat oleh keberhasilan Universitas Wiraraja mendapatkan Akreditasi Secara Institusional Baik Sekali berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Tahun 2020,” paparnya.

Tidak hanya itu, pada tahun 2021 dipaparkan Rektor Sjaifurrachman, melalui Anugerah Kampus Unggul LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Universitas Wiraraja meraih penghargaan Peringkat 2 dalam katagori Perguruan Tinggi yang telah mengimplementasikan Pendidikan Anti Intoleransi, Anti Perundungan dan Anti Kekerasan Seksual.

“Serta untuk semakin memperkuat posisi di Tingkat Nasional sejak tahun 2020, Universitas Wiraraja juga aktif terlibat dalam peserta Green Metric yang bertujuan untuk mewujudkan Kampus Hijau Ramah Lingkungan,” tambahnya.

Rektor Sjaifurrachman menambahkan, Universitas Wiraraja juga berusaha untuk meningkatkan kapasitas melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah, Swasta, Dunia Usaha dan Dunia Industri baik di tingkat Regional, Nasional maupun Internasional. Sehingga dapat menorehkan prestasi lain yang membanggakan.

“Melalui prestasi tersebut Universitas Wiraraja masih terus berusaha untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas,” ungkapnya.

Rektor Sjaifurrachman mengungkapkan, Universitas Wiraraja melalui Visi dan Misinya yang telah ditetapkan Mengisyaratkan Keinginan untuk Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Bidang Ilmu Pengetahuan, Moralitas dan Kewirausahaan Berkarakter Kebangsaan.

“Untuk mencapai hal tersebut, Universitas Wiraraja telah bertekad untuk memaksimalkan pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui rencana strategis serta pelaksanaan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan. Untuk menjaga agar seluruh proses penyelenggaraan pendidikan dan semua komponen di dalamnya dapat mengarah kepada pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” terangnya.

Pelaksanaan pendidikan di Universitas Wiraraja kata Rektor Sjaifurrachman, selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan perkembangan IPTEK dunia usaha dan dunia industri.

“Universitas Wiraraja melalui implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MDKM juga menginginkan agar mahasiswa memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan dunia industri yang bisa digunakan sebagai bekal sebelum lulus nantinya,” jelasnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin mengaku bangga kepada Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep yang familiar dengan sebutan Kampus Cemara (Pencetak Cendikiawan Madura) yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Madura.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin pun menitipkan tugas kemajuan Negara Republik Indonesia di tengah persoalan global yang semakin kompleks.

“Saya titipkan tugas untuk merawat eksistensi dan mendorong kemajuan Negara Indonesia di tengah persoalan global yang semakin kompleks ini,” terang Wapres K.H. Ma’ruf Amin di Orasi Ilmiah-nya. (*)

Pos terkait